RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah Dasar : SD NEGERI 09 JAIRAN JAYA
Kelas/semester : 2/1
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan
: 2x35
Standar
Kompetensi : Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan
berat
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.2. Menggunakan alat ukur panjang
tidak baku dan baku
(cm,m) yang sering
digunakan.
panjang tidak baku.
2.2.2. Mengukur benda dengan menggunakan alat ukur
panjang baku (cm dan m).
2.2.3. Membandingkan panjang dan tinggi benda
menggunakan alat ukur panjang tidak baku.
2.2.4.Menyatakan panjang benda dengan satuan centimeter
(cm) dan meter (m).
I. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
melakukan peragaan dengan menggunakan alat ukur panjang tidak baku, siswa dapat
mengukur panjang 2 benda.
2. Setelah
melakukan peragaan dengan menggunakan alat ukur panjang baku, siswa dapat
mengukur panjang 2 benda dengan tepat.
3. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat membandingkan panjang 2 benda menggunakan pengukuran
tidak baku.
4. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat membandingkan tinggi 2 benda menggunakan
pengukuran tidak baku.
5. Setelah
melakukan peengukuran dengan alat ukur panjang baku, siswa dapat menyatakan
panjang 2 benda dengan satuan sentimeter (cm).
6. Setelah
melakukan peengukuran dengan alat ukur panjang baku, siswa dapat menyatakan
panjang 2 benda dengan satuan meter (m).
II. Materi
Pembelajaran
Materi terlampir
III. Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
IV. Metode
Pembelajaran
1. Diskusi.
2. Tanya
jawab.
3. Demonstrasi.
4. Penugasan.
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absensi
siswa
4. Apersepsi
“ Apakah kalian masih ingat materi minggu lalu? ( alat ukur waktu)”,
“Mengukur waktu menggunakan apa? (jam)”, “Hari ini kita akan mempelajari
mengukur panjang menggunakan alat ukur panjang baku dan tidak baku.”
5. Informasi
materi yang akan diajarkan
6. Informasi
tentang tujuan pembelajaran
7. Mengkondisikan
kelas
B. Kegiatan
Inti (…….) menit
1. Guru
menanyakan kepada siswa mengukur panjang itu dapat menggunakan alat ukur apa
saja? ( eksplorasi)
2. Dua
orang siswa diminta oleh guru ke depan untuk melakukan pengukuran menggunakan
jengkal dan menggunakan penggaris. ( eksplorasi ).
3. Siswa
menyimak penjelasan mengenai perbedaan alat ukur panjang baku dan tidak baku. ( elaborasi )
4. Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen. ( elaborasi )
5. Siswa
dibimbing oleh guru melakukan diskusi
untuk membandingkan panjang dan tinggi benda dengan alat ukur panjang baku dan
tidak baku. ( elaborasi )
6. Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (konfirmasi)
7. Guru
bersama siswa yang lain menanggapi hasil presentasi siswa. ( konfirmasi )
8. Guru
memberikan penguatan/ motivasi kepada yang sudah berani maju. ( konfirmasi )
9. Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami. ( konfirmasi )
C. Kegiatan
Akhir
1. Menyimpulkan
pembelajaran
2. Guru
memberikan soal evaluasi
3. Refleksi
4. Do’a
dan salam
VI.
Penilaian
1. Teknik
: Tes
2. Jenis
tes : Tertulis
3. Bentuk
tes : Essay
4. Soal
:
Kerjakan soal berikut !
1. Reni
mempunyai dua buah pita bewarna kuning dan biru. Pita yang berwarna kuning
memiliki panjang 3 jengkal dan yang biru memiliki panjang 1 jengkal, pita
manakah yang lebih panjang?
2. Tia
memiliki sebuah pensil yang ia ukur dengan menggunakan penggaris seperti gambar
di bawah ini :

Berapakah panjang pensil Tia?
3. Budi
sedang mengukur meja makan dirumahnya dengan menggunakan penggaris. Ternyata
meja makan budi memiliki panjang 100 cm. Berapa meterkah meja makan Budi itu?
4. Ani
mempunyai sebuah penyapu dan sebuah tali seperti gambar di bawah ini,

Manakah yang lebih panjang?
5. Andi
mempunyai sebuah lidi yang akan ia ukur dengan penggaris, seperti gambar
dibawah ini,

Berapakah panjang lidi Andi?
6. Manakah
yang lebih tinggi dari gambar dibawah ini?


Pohon kelapa pohon
mangga
5. Kunci
Jawaban
1. Pita
yang lebih panjang adalah pita berwarna kuning.
2. Panjang
pensil Tia adalah 8 cm.
3. Panjang
meja makan Budi adalah 1 m.
4. Yang
Lebih panjang adalah penyapu.
5. Panjang
lidi Andi adalah 10 cm.
6. Pohon
kelapa lebih tinggi dari pohon mangga.
Pedoman Penskoran
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1.
|
Benar
menjawab
|
10
|
2.
|
Benar
menjawab
|
20
|
3.
|
Benar
menjawab
|
30
|
4.
|
Benar
menjawab
|
10
|
5.
|
Benar
menjawab
|
20
|
6.
|
Benar
menjawab
|
10
|
Pedoman Penilain
Skor
yang diperoleh

Skor maksimal
VII. Media
dan sumber pembelajaran
A. Media
atau alat peraga
1. Penggaris
2. Meteran
3. Pensil/
pulpen
B. Sumber
Pembelajaran
BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
SD/MI. Depdiknas: Jakarta.
Dian Permana dan Bambang Irianto. (2009). Matematika untuk SD dan
MI Kelas 2. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Hal 81-93.
Amin Mustofa, Buchori, Erna Juliatun, dan Isti Hidayah. (2008).
Senang
Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional. Hal 87-99.
Mengatahui Pontianak, April 2015
Dosen Pembimbing Praktikan
Dra. KY. Margiati, M. Si. Tri Mursini
NIP 195312161980032001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar